Minggu, 23 April 2017

Review Pokemon Duel : Papan Strategi berbalut Keberuntungan

The Pokémon Company tiba-tiba saja mengeluarkan game terbaru bernuansa Board Game, bernama Pokomen Duel. Game ini bisa disebut angin segar bagi para pencinta monster Pokemon yang menginginkan game bertemakan Pokemon dengan genre baru.


Strategi jitu boardgame

Dalam game ini kita bukan hanya diminta untuk bertarung dan mengalahkan Pokemon lawan, tetapi juga membawa Pokemon kita menuju garis pertahanan lawan untuk memenangkan pertandingan.
Dalam sebuah papan, aturan kemenangan adalah ketika ada monster yang mencapai titik tersebut. Strategi dimulai saat kapan kita akan melangkah dan kemana untuk memaksimalkan langkah kita dari pokemon yang kita miliki.
Begitu juga dengan melindungi titik lemah kita terhadap serangan lawan, bisa saja karena terlalu asik menyerang kita lupa bahwa dalam satu langkah lagi kita akan kalah.

Gameplay yang unik


Sejauh yang saya tau tentang game android, baru kali ini saya menemukan cara bertarung yang unik seperti game ini. Pokemon bertarung dalam board apabila mereka saling berhadapan. Cara bertarung yang ditentukan oleh putaran spin acak yang berisi jenis attack yang akan diluncurkan. Spin tersebut berisi seberapa besar persentase sebuah serangan dalam putaran tersebut, dan seberapa besar angka serangan tersebut.
Belum cukup disitu, masih ada aturn serangan spesial seperti serangan berwarna kuning, serangan berbintang, sehingga menimbulkan kesan keberuntungan yang distrategikan. Adalah yang menjadi masalah meskipun kita mempunyai jenis pokemon yang benar-benar hebat ataupun spesial, jika kita tidak beruntung artinya monster kita akan tersisih.
Berikutnya yang spesial adalah, meskipun monster kita telah kalah dalam duel battle antar pokemon, namun tidak berarti kita tidak dapat menggunakan pokemon tersebut. Pokemon yang telah dikalahkan tadi masuk kedalam bench, yang pada gilirannya jika bench tersebut penuh oleh pokemon-pokemon lain yang kalah duel, artinya pokemon yang pertama kalah tadi dapat masuk lagi ke dalam medan pertempuran.
Sekali lagi dibutuhkan strategi untuk menentukan pokemon yang akan diikutkan di arena dan manajemen pokemon dalam pola bertarung-mati-tunggu-bertarung.
Juga terdapat semacam kartu penunjang kekuatan dalam papan tersebut yang berisi aksi tambahan untuk melakukan battle game.

Fitur lain yang masih terbatas


Salah satu fitur game ini adalah bonus gratis setiap hari setiap kita login pada game. Berupa Gems yang dapat digunakan untuk membeli semacam chest yang berisi pokemon. Artinya pokemon yang kita dapat adalah acak, meskipun ada tingkat chest tertinggi yang menawarkan jenis pokemon langka yang pasti didapat. Berita baiknya, ada bagian shop yang menyediakan pembelian pokemon tertentu dengan item pembelian lain, yang mana dalam game ini menurut saya lebih sulit mendapatkan jenis item tersebut daripada mendapatkan gems itu sendiri.

Adanya Leaderboard yang ditentukan berdasarkan Trofi yang kita peroleh menambah sedikit rasa asik dalam memainkannya, namun kelebihan antar arena hanya terletak pada pokemon yang dapat kita peroleh, dan battletable yang baru, tidak ada kelebihan lain sehingga sedikit kurang membuat pemain bersemangat untuk menaikkan trofi. Tapi sedikit ditutupi oleh fitur event tournamen yang diadakan dalam setiap satu sampai 2 bulan untuk membawakan atmosfer kompetisi yang beru dengan hadiah yang menarik.

Kekurangan Yang Tidak Perlu

Sejauh yang saya tau juga game ini tidak tersinkronasi oleh Google Play Games, sehingga dapat berpotensi untuk kehilangan data simpanan jika pemain ingin memainkannya di device miliknya yang lain. Bug yang masih terjadi pada awal rilisnya game ini juga sangat mengganggu permainan sehingga tidak banyak player juga yang berpindah permainan akibat alasan ini. Update dengan perubahan yang minim namun frekuensinya yang terlampau cepat juga cukup mengganggu pemain untuk sedikit-sedikit melakukan update.

Overall game ini menawarkan gameplay unik yang dirasa cukup segar dan menantang untuk ukuran Board Game bernuansa Strategi. Perbedaan setiap jurus pada setiap pokemon juga turut menentukan pokemon mana saja yang efektif dalam melakukan penyerangan dan pertahanan. Namun bug ataupun kesalahan minor tadi terasa sedikit mengganggu dalam bermain. Tapi untuk pemain yang punya rasa kompetisi dan penasaran yang tinggi, itupun tidak terlalu masalah. 


Graphics7,5
Gameplay9
Other7

Kelebihan dan Kelemahan


Kelebihan :
- Gameplay Unik
- Setiap Pokemon punya jenis attack berbeda
- Battleview yang cukup bagus
Kelemahan :
- Monster langka bukan berarti cepat naik trofi
- Setiap Update perubahan kurang signifikan
- Sulit mendapatkan Pokemon Legenda

7,8

Overall Score

Tidak ada komentar:

Posting Komentar